Penyakit Hernia

Penyakit hernia adalah benjolan melalui titik lemah atau celah pada permukaan suatu ruang tubuh. Hernia abdominalis adalah tonjolan berupa suatu kantong  yang berdinding peritoneum melalui suatu defek pada dinding perut. Hernia areponibilis adalah hernia di mana isi kantong bisa dikembalikan dalam ruang abdomen. Hernia irriponibilis atau hernia inkarserata adalah hernia dimana isi kantong tidak dapat dikmeblaikan ke dalam abdomen, disini tidak terdapat peradangan pada kantorng-kantong atau isinya dan tidak ada pengaruh nya pada pemberian darah. Hernia sarangulata adalah hernia dimana pembuluh darah untuk isi kantong tersumbat.

Penyebab penyakit hernia sering terjadi pada pekerja yang banyak mengangkut benda-benda berat seperti pekerja pada pelabuhan, pabrik dan pada orang-orang yang meniup balon. Mengedan terlalu kuat.  Gejala penyakit hernia pada  daerah terjaadinya hernia nyeri yang kerasa. Terjadinya benjolann pada lokasi hernia. Terjadinya gelembung  pristal yang mudah didengar. Bila otot-otot sudah mengendur, maka benjolan mulai menghilang. Kadang-kadang perut kembung disertai mual dan muntah.

Penyakit Hernia

Penyakit Hernia

JENIS PENYAKIT HERNIA

Macam-macam penyakit hernia menurut tempatnya adalah :

  1. Hernia inguinalis
  2. Hernia femoralis
  3. Hernia umbikalis
  4. Hernia skrotalis
  5. Hernia labialis

Macam hernia menurut tingkatannya :

  1. Hernia reducible (reponibel) adalah hernia yang mash dapat kembali jadi jika isi hernia itu usus, maka usus yang masuk kantong hernia itu kadang-kadang pada tempat terjadinya  hernia, bengkak dan kadang-kadang kempis kembali.
  2. Hernia irreducible (irreponibel),dalam hal ini isi hernia tidak dapat susut kembali ke dalam rongga perut, isi usus masih dapat berjalan dengan lancer.
  3. Hernia inkaserata (hernia terjepit), disini usus terjepit pada pintu hernia maka  akan terlihat tanda-tanda ileus.

DIAGNOSA PENYAKIT HERNIA

Diagnosa penyakit hernia pada anak ditegakkan dengan melakukan anamnesa pada penderita tentang penyakit yang dideriya yaitu menjelaskan adanya hernia. Pemeriksaan fisik meliputi infeksi, auskultasi, palpasi, perkusi pada daerah adanya keluhan. Adanya benjolan pada daerah-daerah yang sering terjadi hernia. Bila perlu dilakukan rontgent untuk melihat keadaan yang lebih pasti.  Pada kondisi hernia komplikasi yang mungkin terjadi adalah perforasi atau terjadinya pendarahan. Tindakan pencegahan komplikasi melaksanakan tidanakan pengobatan dan perawatan yang tepat sesuai dengan keadaan penyakit. Menentukan diagnosa  secepat mungkin dengan mengambil  tindakan pengobatan dan perawatan. Mengawasi atau mengobservasi penderita dengan baik selama memerlukan pengawasan yang intensif.

Perawatan yang tergantung pada macam hernia dan macam operasi, bila operasinya ringan maka dirawat seperti  operasi kecil biasa, kemungkinan dengan local anestesi mungkin pula penderita dengan narkose umum. Hanya harus diperhatikan terallu cepat untuk diberikan makan dan kalau sudah boleh  makan mulai dengan makanan cair. Pada hernia inkarserata, kemungkinan dilaksanakan operasu pemotongan usus halus, dalam hal ini dilakukan perawatan penderita sudah sembuh ia tidak boleh mengangkat barang-barang yang berat dan buang air besar tidak boleh mengedan terlalu keras dan makanan harus yang lembut-lembut dan lunak.

 CARA MENGOBATI HERNIA

Cara mengobati hernia atau turun berok secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan herbal yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu cara mengobati hernia adalah :

  1. Akar manis
    Salah satu cara mengobati hernia secara alami adalah dengan menggunakan akar manis. Ramuan ini akan membantu untuk mendorong proses penyembuhan hernia dibagian lapisan perut serta kerongkongan yang mengalami kerusakan akibat dari sakit hernia. Dan satu sendok ramuan bubuk akar manis dicampur ke dalam secangkir susu dan diminum seminggu sekali bisa membantu cara mengobati hernia.
  2. Jahe
    Cara mengobati hernia dengan cara alami lainnya adalah menggunakan akar jahe. Akar jahe merupakan salah satu cara mengobati hernia yang paling sederhana. Anda bisa membuat ramuan ini dengan cara satu cangkir teh akar jahe yang dikonsumsi saat sedang perut dalam keadaan kosong bisa membantu meringankan dan meredakan rasa sakit yang muncul akibat hernia. Namun, sebaiknya berhati-hatilah dalam mengonsumsi teh jahe, karena jika berlebihan bisa membuat perut menjadi panas.
  3. Teh chamomile
    teh hangat harus diminum dengan teratur saat Anda sedang menderita sakit hernia. Teh chamomile ini dikonsumsi untuk membantu meredakan dan menghilangkan rasa sakit yang diakibatkan oleh penyakit hernia. Kebanyakan dari orang yang mengonsumsi sejenis teh hitam akan membantu mengobati hernia.
  4. Buttermilk
    Yoghurt yang biasanya dikonsumsi dalam bentuk seperti ini mempunyai manfaat salah satunya adalah untuk membantu menghilangkan rasa sakit akibat penyakit hernia. Jika Anda sedang mengalami sakit hernia, maka sebaiknya cobalah resep alami ini untuk membantu meringankan dan meredakan gejala sakit hernia dengan cara mengonsumsi buttermilk yang minimal diminum 3 kali dalam sehari. Buttermilk adalah satu satu pengganti yang paling baik untuk Anda yang tidak menyukai teh.

Itulah informasi mengenai penyakit hernia dan cara mengobati hernia. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Penyakit Hernia


=====================================

>>> Kapsul Herbal Pro-Hernia Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Hernia, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengobati Hernia and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *